Powered by Blogger.

Islam Agama Universal

Islam Agama Universal

Islam membawa rahmat dan petunjuk bagi umat islam, tanpa membe-bedakan peradaban, warna kulit, adat istiadat dan negara. Allah berfirman, " Dan kami tidak mengutusmu melaikan untuk menjadi rahmat bagi seluruh alam."(Al-Anbiya: 107)

Karena itu, Islam sangat menghormati adat dan kebudayaan suatu bangsa. Umat Islam tidak diwajibkan mengubahnya, kecuali adat dan kebudayaan itu bertentangan dengan syariat Islam. Karenanya, jika terhadap suatu adat dan kebudayaan tentu yang bertentangan dengan syariat Islam, maka harus bisa disesuakan dengannya, karan Allah yang memberikan perintah atau larangan, Dia Mahatau dan mengenal para hamba-Nya.

Perlu di inggat, seorang Muslim tidak di haruskan mengikuti semua kebiasaan dan adat istiadat yang tidak berkaitan dengan syariat Islam. Karena semua itu hanyalah adat-istiadat dan iteraksi manusia yang hukumnya adalah mubah atau boleh.

Setiap Jengkal adalah Tempat Beribadah Kepada Allah

Islam memandang bahwa seluruh mukabumi adalah tempat layak huni sekaligus tempat beribadah kepda Allah. Tidak ada Suatu negeri atau tempat tertentu yang di haruskan menjadi tempat tujuan untuk pindah dan menetap. Yang menjadi pijakan adalah kemudahan untuk beribadah.

Seorang Muslim tidak dianjurkan untuk berpindah ke tempat lain, kecuali jika dia terhalang untuk dapat berbadah. Dalam kondisi demikian, maka dia mesti mencari tempat yang kondusif untuk beribadah. Allah berfirman,"Hai hamba-hamba-Ku yang beriman,sesungguhnya bumi-ku luas, maka sembahlah Aku saja." (Al-'Ankabut: 56)

 Umat Islam Sedang Yang Melaksanakan Shalat Berjamaah
 Umat Islam Sedang Yang Melaksanakan Shalat Berjamaah
Sesungguhnya Kami menciptakan kamu dariseorang laki-laki dan seorang perempuan menjadi kan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku suapaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling takwa di antara kamu." (QS Al-Hujarat: 13)

No comments: