Powered by Blogger.

Kesaksian bahwah Muhammad adalah Utusan Allah

Kesaksian bahwah Muhammad adalah Utusan Allah

Kelahirannya
Nabi Muhammad dilahirkan di Makkah pada tahun 570 M dalam kondisi yatin. Sedan Ibunya wafat ketikan beliau masih kecil. Nabi Muhammad tumbuh berkembang dibawah asuhan kakeknya Abdul Mutthalib. Seteh itu, bliaau di asuh oleh pamanya, Abu Thalib, sampai dewasa.

Kehidupan dan pertumbuhan
Nabi Muhammad hidup ditengah kabilah Quraisy selama 40 tahun, sebelum di tunjuk sebagai nabi (570-610 M). Ditengah kaum Quraisy, bliau menajadi sosok teladan dan memiliki kepribadian baik yang sangat menonjol di tengah masyarakat, sampai-samapai bliau mendapat julukan As-Shadiq Al-Amin ( jujur dan terpercaya). Pada masa itu, Nabi Muhammad berkerja sebagai pengembala kambing kemudia berdagang. 

Sebelum Islam datang, Rasulullah memeluk agama tauhid Nabi Ibrahim yang hanif (lurus) yang menyembah Allah, serta menolak menyembah segala berhala dan semua ritual.

Nama Nasab Nabi Muhammad
Beliau bernama lengkap Muhammd bin Abdul Muthalib bin Hasyim Al-Qursisy
Nabi Muhammad adalah orang arap yang memiliki silsilah keturunan paling mulia. semoga shalawat dan salam senantiasa tercurah kepada beliau.

Utusan Allah kepada semua Manusia
Allah mengutus Nabi Muhammad kepada seluruh manusia dengan beragam suku dan bangsanya. Maka semua manusia wajib untuk mematuhi bliau. Allah berfirman,"Katakanlah wahai manusia aku adalah utusan Allah kepada kalian semua."(Al-A'raf: 158)

Diutus sebagai Nabi
Ketika rasullulah genap 40 tahun saat beliau sedang menyendiri dan beribadah kepada Allah, di gua hira, di jabal Nur ( sebuah gunung yang dekat dengan Makkah ) turunlah wahyu kepadanya. Sejak saat itu, di mualainlah masa turun wahyu kepada Al-Qur'an dari Allah keopadan beliau. Ayat pertama yang turun adalah firman Allah yang berbunyi,"Bacalah dengan menyebut naman Tuhanmu yang menciptakan."(Al-'Alaq: 1). Ayat ini menegaskan bahwa era pengetahuan, kesadaran membaca, dan petunjuak bagi manusia. Selanjutnya, secara bertahap wahyu Allah turuan kepada beliau selama 23 tahun.

Permulaan Dakwah
Rasulullah memulai dakwahnya secara sembunyi-sembunyi selama 3 tahun. Kemudian beliau berdakwah secara terang-terangan, selama 10 tahun setelahnya. Selama dakwah terbuka itu, Rasululah besama sahabat beliu mendapat tantangan dan intimidasi yang dari suku Quraisy. lalu dakwah islam di arahkan kepada kabilah dari madinah yang waktu itu datang untuk menunaikan ibadah haji, dan merkan meneriman dengan suka rela, setelah itu, umat Islam Makkah berhijrah ke Madinah secara bertahap.

Hijrah
Rasulullah berhijrah ke Madinah ( kala itu masih benama Yatdrib ) pada tahun 622 M. Nabi Muhammad terpaksa berhijrah ke Madinah, Karena adanya upaya pembunuhan yang dilakukan para pemuka suku Quraisy terhadap beliau

Penyebaran Islam
Selama rentang masa 622-632 M, Rasulullah 1 memancangkan pondasi kokoh peradaban Islam kota Madinah. Sebuah peradaban Islam dan karakter masyarakat madani Muslim yang jauh dan fanatisme kesukuan. Beliau juga mengajarkan etos keilmuan, prinsip-prinsip keadilan, konsistensi, persaudaraan, kerjasama dan sistem pemerintahan. 

Karena menolak dakwah beliau, beberapa suku yang anti-Islam berusaha untuk memeranginya. Peperangan di antara kedua belah pihak pun tak terhindarkan. Namun Allah memenangkan agama Rasul-Nya, sehingga manusia dan mayoritas penduduk kota (di Jazirah Arab) pun berbondongbondong memeluk Islam, termasuk sejumlah kabilah di Makkah. 

Setelah itu, Islam menjadi agama mayoritas di seluruh jazirah Arab. Mereka memeluk Islam dengan penuh keilchlasan, sehingga Islam pun tampil menjadi agama mayoritas.

No comments: