Powered by Blogger.

flashdisk menjadi kebutuhan ialah setiap orang jadi ?

Flashdisk Palsu
Ilustrasi
Siapa yang tak kenal flashdisk? Saat ini flashdisk menjadi kebutuhan untuk setiap orang yang ingin menyimpan file baik berupa data, teks, gambar, video, maupun audio dari komputer. Ukurannya yang kecil membuat flashdisk mudah untuk dibawa kemana mana. Namun tahukah Anda saat ini banyak flashdisk palsu yang beredar di pasaran? Lantas bagaimana cara membedakan flashdisk asli dan palsu. Kami menuliskannya disini untuk Anda.

Apa Yang Dimaksud Flashdisk Palsu?
Flashdisk palsu adalah flashdisk dengan kapasitas rendah yang telah dimanipulasi sehingga ia menunjukan kapasitas penyimpanan yang lebih besar dari yang sebenarnya
Flashdisk palsu inia akan mengatakan memiliki kapasitas yang berlebihan pada sistem operasi, yang akan memberitahu jumlah kapasitas yang salah jika kita melihat properties flashdisk ini. Flashdisk palsu dapat beroperasi secara normal pada kapasitas rendah, akan tetapi apabila sudah melebihi kapasitas sebenarnya, maka file yang ada di dalamnya akan corrupt dan juga berpotensi menghilangkan seluruh data yang ada di flashdisk.

Sebagai contoh, saya gunakan flashdisk yang dikatakan dalamnya ada 512GB. Tapi karena ia telah dimanipulasi, sebenarnya flashdisk ini hanya memiliki kapasitas sebesar 16GB saja di dalamnya dan bukan berukuran 512GB seperti dinyatakan dalam properties pada komputer.
Intinya, flashdisk palsu juga sebenarnya memiliki ‘real memory’ di dalamnya hanya kapasitasnya sudah dimanipulasi sehingga terlihat seolah-oleh lebih besar.
Selain flashdisk microSD juga dikhawatirkan turut dipalsukan

Bagaimana Cara Membedakan Flashdisk Asli Dan Palsu?
Hal paling mudah untuk membedakan flashdisk asli dan palsu adalah dari segi harga dan ukuran kapasitasnya. Flashdisk yang harganya 10%, 20%, dan 40% lebih murah dari harga sebenarnya masih dapat dikatakan asli tapi jika harganya 60%, 70% bahkan sampai 90% lebih IMAG0251-650x487murah dari harga sebenarnya, Anda harus mulai berhati- hati.
Hal lain yang Anda bisa lihat adalah dengan mengidentifikasi kemasan flashdisk. Seringkali kemasan flashdisk palsu hadir dengan tulisan dan font yang cetakannya agak buruk dan tidak sebagus flashdisk asli. Cara ini mungkin agak sulit karena apabila dilihat hanya sekilas, maka akan tampak sama. Saya sarankan jika Anda membeli flashdisk asli, perhatikan dengan teliti kemasannya. Agar Anda bisa membedakan apabila menemui flashdisk palsu.

Ciri-Ciri Flashdisk Palsu
Bila Anda melihat properties flashdisk palsu di sistem operasi seperti Windows, OS X dan termasuk Linux akan menunjukkan jumlah kapasitas seperti yang dinyatakan pada kemasan. Kapasitas di properties ini seolah-oleh kapasitas sebenarnya, namun tentulah ini adalah kapasitas yang sudah dimanipulasi oleh sindikat pemalsu flashdisk.
Pendrive-FakeTrik selanjutnya yang dilakukan pemalsu adalah flashdisk ini dapat digunakan sama seperti flashdisk asli. Anda dapat gunakan untuk membuat proses copy dan paste file ke dalamnya asalkan tidak mencapai kapasitas penyimpanan sebenarnya.
Seperti yang saya katakan sebelumnya, flashdisk palsu akan menunjukkan ‘gejala-gejalanya’ ketika data yang dimasukkan melebihi jumlah kapasitas sebenarnya.
Setelah melebihi kapasitas sebenarnya, data baru yang dimasukkan akan hilang secara sendirinya. Mungkin tidak akan terlihat secara langsung di folder namun apabila Anda kita membuka folder tersebut maka data di dalamnya akan mulai corrupt (biasanya dalam 0 byte) ketika dibaca kembali. Hal ini mudah dikenali jika Anda mencoba untuk membuka file di dalamnya, Anda akan menemukan gambar, video, dan dokumen Anda rusak dan hilang.
Gejala lain adalah saat flashdisk palsu ini mulai membuat proses overwriting secara sendirinya yang mana Anda akan menemukan root folder pada flashdisk ini menjadi blank secara tiba-tiba. Ada juga gejala dimana flashdisk ini menjadi write protected ketika mencapai batas penyimpanan sebenarnya dan ada juga gejala yang mana ia tidak akan menunjukkan ada error sampai flashdisk ini dikeluarkan dan dimasukkan kembali ke dalam komputer.

Cara Menguji Flashdisk Palsu?
Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menguji flashdisk palsu adalah dengan menempatkan banyak data di dalamnya. Saya sarankan Anda untuk menempatkan data setidaknya 25% dari kapasitas yang tertulis di flashdisk tersebut. Flashdisk palsu mulai menunjukkan ketidakasiliannya ketika lebih 25% kapasitas digunakan dari kapasitas penyimpanan asli.
Fake-Pendrive-TestSetelah Anda menempatkan data lebih dari yang disebutkan di atas, hapus penyimpanan tersebut dan masukkan kembali ke dalam komputer. Jika ada file yang mulai corrupt atau salah satu file di dalamnya secara tiba-tiba memiliki salinan file yang sama secara banyak, berarti flashdisk tersebut palsu.
Cara lain yang dapat dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak h2testw yang memungkinkan Anda melihat kapasitas sebenarnya pada flashdisk yang diduga palsu tersebut. Namun cari ini membutuhkan waktu yang agak lama karena ia akan menjalankan proses masuk dan membaca data yang sebenarnya terlebih dahulu. Flashdisk asli umumnya memiliki writing speed hingga 3 sampai 12MB per detik dan ini mungkin memakan waktu sekitar 10 sampai 40GB per jam.
Menggunakan perangkat lunak h2testw juga mudah karena memiliki interface yang sederhana dan straight-forward untuk pengguna. Anda hanya perlu memilih ‘target‘ yaitu penyimpanan yang ingin diuji kemudian jalankan proses ‘write and verify data’. Jika ia menunjukkan data loss yang banyak lebih dari yang tertulis, maka flashdisk tersebut palsu. Inilah sebabnya mengapa sindikat penjualan flashdisk palsu sulit dibasmi, karena sulit proses pengujiannya membutuhkan proses yang cukup rumit dan waktu yang agak lama.

Kesimpulan
Jika Anda sudah terlanjur membeli flashdisk palsu, Anda masih dapat menggunakannya seperti biasa hanya saja ada beberapa langkah harus dilakukan. Saya sarankan Anda jalankan tes melalui perangkat lunak di atas dan pastikan Anda tahu kapasitas sebenarnya. Jika ia 7837704menunjukkan kapasitas sebenarnya sebesar 128MB, jangan masukkan data di dalamnya lebih dari kapasitas tersebut. Jika tidak, file Anda akan mulai rusak dan pastinya membahayakan data-data penting Anda.
Bagi Anda yang membaca artikel ini, saya menyarankan agar menginformasikannya kepada orang lain agar tidak ada yang tertipu dengan flashdisk palsu ini, sekaligus untuk memberantas sindikat pemalsu flashdisk.

No comments: