Powered by Blogger.

Bendera Bintang Bln Dikibar di Kubah tempat ibadah

Bendera Bintang Bln Dikibar di Kubah tempat ibadah

Menyukai MAKMUE - Aparat kepolisian & TNI di Nagan Raya, Jumat (25/3) kurang lebih pukul 08.00 WIB, mengamankan selembar bendera Bintang Bln yg dipasang oleh orang yg belum teridentifikasi, di puncak kubah Tempat Ibadah Babul Taqwa, Kuala Tadu, Kecamatan Tadu Raya, Nagan Raya. 

Berdasarkan kabar yg dihimpun Serambi dari beraneka ragam sumber tempo hari, masyarakat setempat kaget menyaksikan kubah tempat ibadah tersebut yg kebanyakan tidak dengan bendera, tiba-tiba telah ada bendera Bintang Bln di atasnya. Lalu, semasa konflik, bendera itu dikenal sbg milik Aktivitas Aceh Merdeka (GAM). Tapi, sejak 2013, seluruhnya fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Aceh kompak menyepakati bendera tersebut juga sebagai bendera Aceh, maka diundangkan di dalam Qanun No. 3 Th 2013 berkaitan Bendera & Lambang Aceh. 

Tetapi, sampai sekarang qanun tersebut tetap ditentang pemerintah pusat, baik Kementerian Dalam Negeri ataupun Menko Polhukam. Tidak tidak hanya Presiden Joko Widodo & Wakil Presiden Jusuf Kalla. Menjadi, status bendera itu sekarang tetap dalam cooling down, pembicaraan politik yg menggantung. Belum tuntas dengan cara yuridis. 

Demikian mendapat berita mengenai bendera yg masihlah kontroversial itu berkibar di kubah tempat ibadah, polisi & aparat TNI yg bertugas di Pos Tadu Raya serentak bergerak ke area. 

Sesudah berkoordinasi dgn aparat desa, bendera ini hasilnya diturunkan masyarakat dgn pengawalan ketat dari aparat keamanan. 

“Setelah kami tanyakan terhadap masyarakat disekitar ruangan siapa yg menaikkan bendera itu semua masyarakat mengaku tidak ada yg melihatnya. Serta tidak ada pihak yg mengaku bertanggung jawab atas penaikan bendera tersebut,” kata Kapolres Nagan Raya, AKBP Agus Andrianto SIK lewat Kapolsek Kuala, Iptu Tri Andi Dharma terhadap Serambi, Jumat sore. 

Berdasarkan hasil pengembangan yg dilakukan polisi, kata Iptu Andi, sampai kini belum didapati siapa tersangka yg memasang bendera tersebut diatas kubah tempat ibadah. 

Polisi memperkirakan, pemasangan Bintang Bln ini dilakukan lebih kurang Jumat dini hri atau menjelang subuh. Soalnya, sebanyak penduduk yg ditanyai mengaku tidak tahu kapan bendera itu dipasang di kubah tempat ibadah. Diperkirakan, pemasangannya dilakukan kala masyarakat tidur tengah malam. 

Menurut Kapolsek Tri Andi, bendera tersebut sampai Jumat tengah malam telah diamankan pihaknya dengan pihak TNI di Nagan Raya utk penyelidikan lebih lanjut. 

Baca ini Juga:

No comments: